“Kekurangan” dari IM2 Broom 

Keduaxxx !!

Demi mengisi blog baru gw ini dengan postingan yang lebih berkualitas, maka gw putuskan untuk posting tentang IM2 Broom.

Beberapa hari yang lalu, gw dikasi tau temen gw melalui situs social networking, yaitu Plurk ( add gw yak, http://www.plurk.com/kidi) , kalo IM2 Broom itu punya “kelemahan/kekurangan”. Sengaja gw kasi tanda kutip karena kelemahan tersebut secara tidak langsung bisa menguntungkan customer, meskipun dari segi provider ya bisa dibilang rugi.

Jadi ternyata, user name IM2 ga dedicated buat satu kartu IM2 aja, jadi bisa aja lo pake username orang laen tapi dengan kartu IM2 lo. Jadi bisa aja disaat bersamaan ada lebih dari satu orang yang menggunakan username yang sama.

Dari segi consumer, lo bisa jadi pihak yang diuntungkan dan juga bisa jadi pihak yang dirugikan. Dirugikan ya karena pasti quota lo jadi cepet abis karena user yang make bukan cuma lo doank. Walaupun kuota lo cepet abisnya, tapi lo juga bisa untung. Caranya  kaya yang dilakuin temen gw yang tadi, jadi lo bisa bikin semacam lingkaran pengguna IM2, dengan memanfaatkan masa tenggang IM2 yang 6 bulan, lo bisa untung dari segi finansial. Misalnya lo join dengan 2 orang teman lo, dengan memanfaatkan masa tenggang masing-masing kartu, lo bisa berhemat 200 ribu rupiah. Rinciannya, kalo lo ga bikin lingkaran pengguna, dalam 3 bulan lo mesti keluar duit 300 ribu, sementara kalo lo join dengan 2 temen lo, lo bisa berhemat, caranya di bulan pertama IM2 yang di topup cukup punya lo aja, sementara temen lo ga usah, dia bisa pake username lo dengan IM2 punya dia karena kelemahan sistem IM2 tersebut. Bulan selanjutnya lo ga usah topup, dan giliran lo make username temen lo yang melakukan topup pada bulan itu, begitu seterusnya maksimal sampai 6 bulan, soalnya kalo ga diisi selama 6 bulan kartu lo bakalan mati dan ga bisa ngenet lagi.

Dari segi produsen, gw ga tau apa mereka emang sengaja bikin kayak gitu ato engga, yang jelas keuntungan mereka pasti berkurang bila banyak yang make sistem lingkaran pengguna diatas. Gw ga tau apa mereka udah ngerasa untung mereka udah gede banget dan hal yang tadi hanya mengurangi keuntungan mereka sedikit, sangat sedikit, tapi yang jelas mereka rugi lah kalo gw bilang.

Kalau gw pribadi, gw lebih prefer ga ikutan lingkaran pengguna, meskipun dari segi finansial lebih menguntungkan dan katanya temen gw speed-nya sama-sama aja walaupun di share usernamenya dan dipake rame-rame. Entahlah gw pelit ato gimana, bagi gw jatah threshold 2 GB selama sebulan dan setelahnya speed jadi turun seperempatnya itu terlalu sedikit, apalagi kalo usernamenya dipake orang laen juga. 2 GB terlalu sedikit buat gw yang suka donlot macem-macem.

Mmm.. udah deh, sekian dulu, gw mau blajar dulu ah, kurang dari 2 hari lagi gw uts, dan pemahaman gw tentang materi masih jauh dari harapan.

Ciao !!